Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan laut yang sangat berlimpah. Sebagai wujud rasa syukur atas berkah laut yang tersedia, masyarakat disekitar pelabuhan Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur mengadakan upacara adat Petik Laut secara turun temurun selama lebih dari 100 tahun.

Jika biasanya upacara berlangsung sangat meriah dengan ratusan kapal yang mengiringi kapal utama berlayar menuju laut Plawangan di Semenanjung Sembulungan, kali ini hanya ada 1 kapal yang membawa sesaji untuk dilarung di lautan lepas. Upacara dilakukan dengan sangat sederhana untuk menghidari kerumunan warga yang antusias menyaksikan acara tahunan ini.

Ritual ini wajib diselenggarakan setiap tahunnya, konon jika tidak maka akan terjadi hal hal yang tidak diinginkan seperti bencana atau berkurangnya hasil tangkapan ikan. Sebelum dilarung para pemuka adat melakukan doa bersama dengan harapan keselamatan dan kesejahteraan warga Muncar dalam mengarungi samudra selama satu tahun kedepan.

Setelah sesaji dilepas di lautan, beberapa pemuda yang menceburkan diri ke lautan untuk memperebutkan sajen, ada yang mendapat buah maupun sayuran. Ritual adat seperti ini seperti menambah pesona Jawa Timur sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Foto : Fitria Nuraini

Topics #Kontes Foto Petrogas 2020