Pantai Sowan terletak di Bogoran, Bogorejo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Berjarak sekitar 45 menit dari Kota Tuban. Akses menuju Pantai ini sangatlah muda dan bisa dilewati berbagai macam jenis kendaraan.

Pantai ini sendiri dikelolah oleh Perhutani Tuban. Keunikan dari pantai ini adalah banyak ditumbuhi berbagai jenis pohon seperti pohon tapis (yang buahnya seperti asam), pohon klampis, mahoni, trembesi, dan berbagai macam pohon lainnya yang rindang.

Jadi pengunjung yang bermain di pantai ini akan merasa lebih teduh dengan adanya pepohonan tersebut. Pantai Sowan memiliki beberapa sisi yang menarik yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Di sisi timur pantainya sangat cocok untuk bertamasya, pantainya berpasir putih. Layaknya pantai pada umumnya, pengunjung bisa berpiknik di sini sambil membawa makanan dan tikar. Selain itu pengunjung juga bisa mencoba bermacam aktivitas dan fasilitas outbond di sini seperti berjalan kaki di area hutan, berkemah, flying fox, serta tersedia banyak juga spot untuk berswafoto.

Ada juga sisi utara pantai yang terdiri dari batu karang landai dan berpasir putih juga dengan pemandangan laut lepas. Sedangkan yang nampak di foto ini adalah sisi barat dari Pantai Sowan. Di sisi barat ini banyak terdapat batu karang dan perahu-perahu nelayan yang berjejer bersandar di sini.

Bagi para pecinta fotografi, Pantai Sowan ini tak akan bosan untuk di explore di segala kondisi dan musim. Mulai dari sunrise hingga sunset. Mulai dari pantainya, hutannya, dan aktivitas manusianya.

Seperti di foto ini (sisi barat) sambil menunggu moment matahari terbenam, saya mencoba mengabadikan pemandangan perahu-perahu yang sedang sandar dan beberapa aktivitas nelayan di tepi pantainya, yaitu memperbaiki perahu yang memang butuh perbaikan, seperti mengecat ulang body kapal, pengelasan, dan lain sebagainya.

Foto : Lilik Fauziyah

Topics #Kontes Foto Petrogas 2020